Sering Mabuk? Ini Bahaya Efek Minum Alkohol Terlalu Banyak

by Justin Sutanto
0 comment
Bahaya dan efek minum alkohol terlalu banyak

Konsumsi minuman beralkohol disinyalir dapat membantu seseorang untuk lebih tenang atau mudah tidur. Namun, manfaat tersebut akan kamu dapatkan kalau mengonsumsi alkohol dengan bijak. Karena efek minum alkohol terlalu banyak justru memberikan dampak buruk bagi kesehatan, kebugaran, dan performa olahraga.

Pria dewasa dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi alkohol lebih dari 1-2 gelas per hari. Sedangkan untuk wanita dewasa tidak lebih dari 1 gelas per hari. Apa yang akan terjadi pada tubuh dan performa olahraga jika terlalu banyak minum alkohol dan mabuk setiap hari? Simak efek minum alkohol terlalu banyak berikut ini.

Bahaya Efek Minum Alkohol Terlalu Banyak

Beberapa botol minuman yang mengandung alkohol

Untuk kamu yang sering mengkonsumsi alkohol setiap hari, hati-hati! Berikut bahaya efek minum alkohol terlalu banyak:

1. Memicu Berbagai Penyakit Hati

Seseorang yang sering mabuk akan mengalami penumpukan lemak di organ hati. Jika dibiarkan terus menerus, penumpukan lemak ini bisa menyebabkan peradangan hati (hepatitis). Pada kondisi ini, kebiasaan minum alkohol harus segera dihentikan untuk mengembalikan kesehatan hati.

Jika kebiasaan minum terus berlanjut, kamu berisiko mengalami sirosis. Penyakit ini ditandai dengan munculnya jaringan parut yang memenuhi organ hati. Kondisi ini menyebabkan organ hati rusak parah dan mengeras, sehingga fungsinya pun terganggu. Bahkan yang paling parah, kamu bisa terkena kanker hati.

2. Efek Minum Alkohol Terlalu Banyak Dapat Sebabkan Gangguan Sistem Pencernaan

Saluran cerna pada orang yang sering mengonsumsi alkohol, biasanya tidak bekerja dengan baik. Sehingga nutrisi yang masuk tidak terserap sempurna. Inilah alasan mengapa kebanyakan orang yang sering mabuk biasanya mengalami kekurangan gizi. Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat menyebabkan tukak lambung dan pankreatitis.

3. Anemia

Seseorang yang memiliki gangguan fungsi hati akibat banyak konsumsi alkohol, biasanya lebih mudah mengalami pendarahan. Selain itu, mereka mudah merasa kenyang sehingga melewatkan waktu makan. Jika dibiarkan, lama-kelamaan tubuh kekurangan nutrisi dan zat besi. Kondisi-kondisi ini kemudian memicu timbulnya anemia pada orang yang rajin konsumsi alkohol.

4. Performa Olahraga Menurun

Sadarkah kamu? Terlalu banyak mengkonsumsi alkohol tidak hanya berdampak buruk bagi kesehatan kamu. Tapi, minuman ini juga dapat menurunkan performa olahraga. Jika kamu sedang menjalani latihan membentuk otot tubuh, minuman beralkohol dapat menggagalkan usahamu. Karena otot kamu tidak akan berkembang.

Terlalu banyak mengonsumsi alkohol juga dapat memperlambat kemampuan recovery otot. Usai berolahraga, kamu akan membutuhkan waktu lebih lama untuk kembali pada kondisi prima. Selain itu, minuman ini juga mengurangi produksi energi di dalam tubuh. Sehingga, aktivitas olahraga kamu tidak dapat berjalan maksimal.

Jadi, jangan heran jika tubuh kamu mudah lelah saat berolahraga dan tidak lekas pulih meski sudah beristirahat. Itu semua efek karena terlalu sering mengonsumsi minuman beralkohol.

Baca juga: Simak, Ini Pentingnya Recovery Setelah Olahraga

5. Efek Minum Alkohol Terlalu Banyak Menyebabkan Dehidrasi

Efek minum alkohol terlalu banyak dapat meningkatkan laju urinasi. Selain itu, minuman ini juga meningkatkan suhu tubuh yang menyebabkan kamu berkeringat. Banyaknya cairan yang keluar akibat terlalu sering buang air kecil dan berkeringat ini dapat menyebabkan kamu mengalami dehidrasi. Terlebih jika dibarengi dengan olahraga.

Kegiatan olahraga juga memicu peningkatan panas tubuh dan keluarnya banyak keringat. Sehingga ketika kamu mengonsumsi minuman beralkohol saat sebelum maupun sesudah olahraga, tentu akan membahayakan tubuh. Karena dapat menyebabkan dehidrasi parah dan memicu masalah kesehatan lainnya.

6. Denyut Jantung Meningkat

Masih berkaitan dengan alkohol dan olahraga. Minuman beralkohol dapat meningkatkan denyut jantung. Apabila kamu berolahraga dalam kondisi ini, tentu akan membahayakan tubuh. Karena denyut jantung meningkat dan menjadi tidak beraturan. Jika dibiarkan terlalu lama, kondisi ini dapat memicu penyakit jantung.

Baca juga: Kok, Susah Kurus? Ini lho, Denyut Jantung Pembakar Lemak!

Tips Mengatasi Kecanduan Minuman Beralkohol

Contoh seseorang yang kecanduan minum minuman alkohol

Membatasi konsumsi alkohol harian merupakan salah satu upaya yang bisa kamu lakukan untuk  mengatasi kecanduan alkohol. Pegang komitmen untuk tidak minum alkohol lebih dari 1-2 gelas per hari.

Selain membatasi jumlah konsumsi alkohol harian, berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kecanduan alkohol:

1. Ubah Gaya Hidup Jadi Lebih Sehat

Mulailah untuk menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian kamu. Konsumsi makan sehat dan cari aktivitas positif, seperti berolahraga, melakukan hobi, berkumpul bersama keluarga, atau terlibat dalam kegiatan sosial. Ketika muncul keinginan untuk konsumsi minuman beralkohol, alihkan perhatian kamu ke aktivitas positif tersebut.

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Buat Tim Mager

2. Konsultasi ke Dokter

Ketika kebiasaan mabuk kamu semakin tidak terkendali dan sulit ditinggalkan, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter. Agar dokter bisa membantu kamu dengan meresepkan obat-obat yang dapat menekan keinginan mengkonsumsi minuman beralkohol.

3. Psikoterapi dan Konseling

Gangguan mental merupakan salah satu keluhan yang sering dialami oleh seorang pecandu alkohol. Mereka yang kesulitan menghentikan kebiasaan mabuk itu biasanya mengalami keluhan psikologis, seperti depresi, gangguan kecemasan, mau pun susah tidur.

Untuk mengatasi kondisi ini, biasanya dokter akan merujuk kamu ke psikologi dan menjalani konseling. Sedangkan pada orang yang sudah kecanduan parah hingga mengalami adiksi berat, akan disarankan untuk menjalani rehabilitasi.

Nah, itu tadi beberapa efek minum alkohol terlalu banyak. Berhenti mengonsumsi minuman beralkohol memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Namun, mengingat risikonya yang membahayakan kesehatan dan menurunkan performa fisik, sebaiknya kamu segera menghentikan kebiasaan itu.

You may also like

Leave a Comment