Pengen Bakar Banyak Kalori? Yuk Coba Olahraga Hiking!

by Justin Sutanto
0 comment
Seorang pria bertopi hitam sedang melakukan olahraga hiking

Jika kamu ingin menurunkan berat badan, maka kamu perlu membakar banyak kalori. Namun membakar kalori tidak harus dilakukan dengan aktivitas indoor, tapi juga bisa outdoor contohnya dengan melakukan olahraga hiking (mendaki). Jika kamu melakukan aktivitas ini, kamu akan berjalan menyusuri jalur tertentu di ruangan terbuka.

Jika kamu pertama kali melakukannya, mungkin aktivitas ini terkesan menakutkan. Namun aktivitas ini simpel kok, kamu tidak perlu memerlukan skill khusus. Kamu hanya perlu berjalan kaki dan tahu lokasi dimana kamu berada selama mendaki. Saat melakukan aktivitas ini, kamu dapat menikmati alam sekaligus berolahraga.

Baca juga: 8 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

Olahraga Hiking atau Trekking?

Seorang pria sedang melakukan olahraga hiking

Banyak yang mengira bahwa dua jenis olahraga ini sama persis. Meskipun terdapat kesamaan di antara keduanya, namun dua aktivitas ini memiliki perbedaan, lho. Berikut adalah perbedaannya: 

Pertama, jika kamu melakukannya untuk senang-senang, maka olahraga hiking cocok untuk kamu karena bisa membuatmu terkoneksi dengan alam. Sedangkan trekking dilakukan dengan tujuan khusus tertentu seperti perjalanan spiritual atau semacamnya. 

Kedua, jika kamu tidak suka medan yang terlalu keras, maka olahraga hiking lebih cocok untuk kamu dikarenakan jalur dan jalannya sudah tersedia. Sedangkan medan jalur trekking lebih keras, dikarenakan belum adanya jalur khusus sehingga kamu harus melalui daerah seperti pegunungan, daerah liar, atau jalur lintas-negara.

Ketiga, untuk waktu perjalanan, kedua olahraga ini mengharuskanmu berjalan panjang. Olahraga hiking ditempuh dengan waktu yang lebih singkat, biasanya dilakukan selama 5 jam dalam 1 hari. Sedangkan trekking menempuh waktu lebih lama selama beberapa hari dikarenakan panjangnya jarak yang ditempuh bahkan hingga berpuluh ribu kilometer, dan bisa memakan waktu tujuh jam perjalanan per hari. 

Keempat, untuk olahraga hiking, kamu hanya perlu membawa bekal yang sederhana seperti satu botol air minum, bekal makan siang, kaos kaki. Jika kamu berencana untuk bermalam, kamu bisa membawa baju ganti, makanan yang lebih banyak, tenda, kantong tidur, sepatu dan boot. Sedangkan untuk trekking, kamu perlu membawa barang ekstra seperti alat masak, kompas, dan boot khusus untuk trekking. 

Manfaat Olahraga Hiking

Meskipun sedikit challenging, jenis olahraga ini dapat memberikan manfaat untuk kesehatan fisik dan mental.

Pertama, aktivitas ini dapat menurunkan resiko penyakit jantung dan meningkatkan tekanan darah, hal ini juga menyebabkan penurunan resiko terkena penyakit stroke. 

Kedua, latihan fisik ini juga dapat memperkuat otot di bagian paha, kaki bagian bawah, otot pinggul. aktivitas ini juga meningkatkan ketahanan otot dan bagus untuk tulang. Dikarenakan kamu mendaki menggunakan backpack (beban), maka hal ini juga menambah kekuatan badan inti-mu. 

Ketiga, aktivitas ini baik untuk kesehatan mental kamu dikarenakan dapat mengurangi stress dan dapat dijadikan pelarian. Jika kamu terperangkap di ruangan indoor terus menerus, kamu dapat memiliki perasaan cemas, depresi, dan stress. Maka aktivitas outdoor dapat menjadi solusi untuk mengurangi stress. 

Keempat, jika kamu ingin mengurangi berat badan maka kamu harus banyak membakar kalori. Membakar kalori tidak harus pergi ke gym, kamu juga bisa membakarnya dengan aktivitas ini dikarenakan dapat membakar kalori sebanyak 440 hingga 550 menurut riset livestrong. 

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan

Apakah kamu sudah tertarik untuk melakukan olahraga ini? Yuk simak tips-tips berikut sebelum kamu pergi!

Pertama, pilihlah jalur dakian yang sesuai dengan kemampuan kamu. Kesalahan terbesar pendaki terletak di pemilihan jalur dakian. Jalur yang terlalu panjang dan banyak tanjakan mungkin tidak cocok untuk pemula. Perhatikan jumlah jalur rata dan jalur tanjakan karena ini akan mempengaruhi perjalanan kamu. Kamu juga harus bisa mengira-ngira jalur seperti apa yang akan kamu jalani, maka kamu perlu mencari tahu terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan agar kamu tidak kaget. 

Kedua, untuk perlengkapan pakaian, menggunakan jeans atau pakaian biasa saja tidaklah cukup karena kamu akan banyak berkeringat. Pakailah pakaian yang didesain untuk pengguna yang aktif berolahraga. Celana yang panjang juga dianjurkan supaya kaki kamu tidak banyak bergesekan dengan rumput.

Ketiga, kamu perlu tahu posisimu dan tujuanmu. Kamu bisa print, baca, dan pelajari peta dan panduan jalurmu. Tujuannya adalah agar kamu punya gambaran tentang jalur yang akan kamu tempuh. Sebenarnya kamu bisa tahu lokasi dengan menggunakan GPS yang ada di smartphone. Namun, kekurangannya adalah smartphone bisa rusak jika basah, kotor, etc. Jadi lebih baik menggunakan peta berbentuk kertas, untuk lebih aman lagi bisa dimasukkan ke ziplock agar terhindar dari air.

Keempat, mendaki tidak sama dengan pertandingan. Mendakilah dengan santai, bukan terburu-buru. Jika kamu terburu-buru maka kamu akan kehabisan energi sebelum kamu sampai di tempat tujuan. Dengan berjalan santai, kamu dapat lebih menikmati udara segar dan alam di sekitarnya.

Kesimpulan

Jika kamu ingin membakar kalori sekaligus menikmati keindahan alam, maka kamu perlu mencoba olahraga hiking. aktivitas ini sering dianggap sama dengan trekking. Meskipun terdapat kesamaan, namun kedua jenis aktivitas ini memiliki perbedaan dalam hal medan jalur, tujuan aktivitas, waktu perjalanan, dan peralatan yang harus dibawa. Jika kamu tertarik untuk melakukannya, maka kamu bisa mempersiapkan jenis barang yang harus dibawa dan jenis jalur yang akan ditempuh. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment