Panduan Cheat Day yang Benar Agar Diet Tetap Aman

by Justin Sutanto
0 comment

Dalam program diet, ada yang dikenal dengan istilah “cheat day”. Apa itu cheat day?

Sederhananya, cheat day adalah satu hari tertentu saat kamu makan makanan yang sebenarnya tidak diperbolehkan dalam diet. 

Namun, apakah cheat day dapat membuat merusak program diet yang kamu jalankan?

Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara cheat day yang benar, mengapa perlu dilakukan dan apa saja panduan yang perlu kamu ikuti.

Baca juga: Ini Cara Cheat Meal dalam Diet Tanpa Rasa Bersalah

Mengapa Perlu Cheat Day?

Meskipun artinya “curang”, cheat day dalam diet ternyata bermanfaat. Bagaimana penjelasannya?

Selama diet, tubuh cenderung akan kekurangan kalori. Kondisi defisit kalori akan menurunkan kadar hormon leptin, yaitu yang mengontrol sinyal lapar dan kenyang.

Jika hormon leptin turun, metabolisme juga akan melambat. Padahal, tubuh perlu terus melakukan metabolisme agar dapat membakar lemak. 

Nah, cheat day akan membantu meningkatkan kadar leptin tersebut sehingga metabolisme dapat berlangsung lebih optimal.

Secara psikologis, cheat day akan membantu kamu memiliki kehidupan yang seimbang sambil tetap berusaha mencapai berat badan ideal.

Kamu tak perlu takut menerima undangan makan di luar selama menjalani masa diet. Cheat day dapat menjadi kesempatan berharga untuk momen menjalin relasi dan bersosialisasi.

Tips Cheat Day dengan Benar


Lalu, bagaimana cara cheat day yang benar? Kamu wajib tahu hal ini supaya tidak telanjur bersenang-senang dan berakhir dengan penyesalan. Saya akan menjabarkannya dalam beberapa tips berikut ini.

1. Rencanakan Cheat Day Terlebih Dahulu

Sebelum cheat day, kamu perlu membuat rencana terlebih dahulu. Misalnya, jika kamu akan ngumpul dengan teman-teman untuk makan atau minum, jadikan itu sekaligus sebagai cheat day.

Jika sudah menetapkan rencana, kamu bisa mengerem sedikit asupan kalori sebelum itu. 

Kesempatan ini juga akan membuat kamu tetap terhubung dengan orang lain. Jadi, kamu tetap bisa menikmati hari-hari meskipun sedang menjalani diet.

2. Jangan Berlebihan

Cheat day bukan berarti boleh makan segalanya dalam jumlah banyak. Cobalah untuk melakukannya  maksimal dua kali dalam sehari. 

Sebisa mungkin pilih salah satu makanan yang dapat membuat kamu puas dan tidak perlu menambah menu yang lain.  

3. Catat Makanan yang Kamu Inginkan 

Penting untuk membuat catatan apa saja makanan yang kamu inginkan. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui menu apa saja yang sebaiknya dipilih.

Misalnya, jika kamu ingin makan pizza, rencanakan acara makan pizza yang menyenangkan bersama teman atau keluarga. Pilih jenis pizza dengan topping yang sehat. 

Kesempatan langka seperti ini pasti akan membuat cheat day bertambah seru. Kamu bisa bersenang-senang sekaligus tetap menjaga diet.

4. Kurangi Mengonsumsi Makanan Olahan

Bukan hanya berpengaruh terhadap diet, makanan olahan dan tinggi lemak juga sangat terkait dengan kanker kolorektal dan penyakit jantung. 

Jadi, keputusan tepat untuk mengurangi konsumsi makanan tersebut. 

Untuk kepentingan diet, kamu bisa menggantinya dengan alternatif makanan lain yang hampir sama tetapi lebih sehat. 

5. Usahakan untuk Tetap Berolahraga saat Cheat Day

Meskipun lagi cheat day, usahakan agar kamu tetap memiliki waktu untuk berolahraga pada hari itu. Cara ini akan membantu kamu mencegah penumpukan lemak dalam tubuh.

Selain itu, minumlah air sebanyak 1,5-1 liter per hari. Pasalnya, otak sering salah mengira bahwa dehidrasi merupakan tanda lapar. 

6. Kembali Diet Setelah Cheat Day

Setelah hari bersenang-senang, kembalilah pada jalur yang benar. Jangan terbawa suasana dan menghentikan perjuangan untuk diet.

Ini mungkin akan berat mengingat lezatnya makanan yang baru saja dinikmati. Namun, jangan menyerah jika kamu memiliki impian untuk mendapatkan berat badan ideal.

Baca juga: Segera Diubah! Inilah 11 Mindset Cara Diet yang Benar!

Apakah Cheat Day Mempengaruhi Program Diet?

Banyak yang merasa bersalah setelah menjalani satu hari penuh kesenangan. Membayangkan jumlah kalori yang masuk dan bagaimana harus membuangnya kembali juga bisa menciptakan penyesalan bagi yang sedang berjuang menurunkan berat badan.

Namun, melakukan cheat day secara terencana dan terkontrol tidak akan memengaruhi program diet. Kamu perlu memperhatikan catatan ini supaya tidak menjadikan cheat day sebagai alasan untuk melanggar diet.

Cheat day justru bisa membuat kamu bertambah semangat karena menantikan suatu hari yang menjadi reward atas perjuangan selama ini. Karena itu, sebisa mungkin susun rencana dengan baik dan penuh kesan.

Scott Laidler, seorang personal trainer, mengatakan, ada dua tipe orang dalam melakukan diet. Pertama, mereka yang menghabiskan tenaga untuk menerapkan disiplin. Kedua, mereka yang merasakan pencapaian karena mengikuti rencana. 

Kamu bisa fokus untuk tetap disiplin, tetapi kadang-kadang bisa terlewat. Apalagi jika rencana diet tidak masuk akal. Strategi kedua, kamu membuat rencana diet yang bisa diterima dan melakukan semuanya dengan sukses.Jadi, lakukan cheat day yang benar selama menjalani program diet. Strategi ini akan membuat kamu lebih relaks sambil tetap berusaha menurunkan berat badan. 

You may also like

Leave a Comment