Olahraga Crossfit, Bentuk Tubuh Atletis Ala Binaragawan

by Justin Sutanto
0 comment

Kalau kamu sedang mencari olahraga yang efektif membakar kalori dengan cepat, cobalah berkenalan dengan crossfit!

Saat mencobanya di salah satu camp crossfit area Jakarta, saya dibuat penasaran karena terdapat tantangan lebih dibanding jenis olahraga lain. Saya pribadi aktif dalam mencoba berbagai jenis olahraga sebelumnya, dan terbukti olahraga crossfit terasa sangat menguras tenaga!

Memang sih belum banyak yang mengenal jenis olahraga satu ini, karena olahraga crossfit merupakan suatu pembaruan yang berbeda dibandingkan jenis olahraga pada umumnya.

Crossfit menggabungkan antara unsur latihan aerobik dan anaerobik. Tujuannya untuk memaksimalkan kekuatan otot, melatih ketahanan jantung, serta fleksibilitas gerak tubuh.

Kalau kamu mengamati tubuh para crossfitter, mayoritas tubuh mereka memiliki bentuk atletis idaman. Olahraga ini dapat membentuk massa otot dua kali lebih kuat karena set dan repetisi gerakan yang dilakukan sangat banyak. Maka tak heran banyak yang tertarik mencoba olahraga ini karena hasil yang terlihat nyata serta proses yang menyenangkan karena dilakukan secara berkelompok.

umumnya ada sekitar 8-10 orang dalam satu kelompok yang dipandu satu atau dua instruktur. Menarik bukan? Jika iya, ada baiknya kamu mengenal dulu konsep dan metode jenis olahraga ini. Kemudian tentukan apakah benar-benar cocok dan aman untuk kebutuhanmu. Simak penjelasan tentang olahraga crossfit berikut ini!

Baca juga: 8 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

Olahraga Crossfit = Olahraga Ekstrem

Seorang pria sedang melakukan  gerakan latihan dalam olahraga crossfit di sebuah tiang.

Menurut atlet binaraga legendaris Indonesia Ade Rai, olahraga crossfit termasuk olahraga ekstrem yang membutuhkan latar belakang fisik yang baik.

Crossfit menggabungkan kombinasi antara latihan otot rangka dengan latihan kardiovaskular. Jadi wajar kalau kamu baru menjajal olahraga ini lalu merasa cepat ngos-ngosan.

Dalam olahraga crossfit dilakukan berbagai gerakan latihan fungsional pada intensitas tinggi secara konstan. Gerakan-gerakan tersebut merupakan cerminan aspek terbaik dari unsur angkat beban, senam, berjalan, mendayung, dan masih banyak lainnya yang dilakukan dalam waktu tertentu.

Membutuhkan Latar Belakang Fisik yang Baik

Seorang wanita sedang melakukan  gerakan latihan squat dalam olahraga crossfit dengan menggunakan barbel.

Meski penasaran dan ingin terlihat keren, kamu harus memastikan diri memiliki latar belakang fisik yang baik sebelum mencoba olahraga ekstrem ini.

Bahkan ada beberapa camp crossfit melakukan cek kesehatan khusus bagi peserta yang ingin mengikuti olahraga crossfit. Hal ini terkait dengan intensitas latihannya yang tinggi sehingga rentan menimbulkan cedera.

Kalau kamu penasaran dan ingin mencoba, disarankan untuk mencari camp crossfit yang memiliki program dan pelatih khusus. Apalagi untuk seorang pemula, intensitas latihan harus disesuaikan!

Beberapa Gerakan Latihan dalam Olahraga Crossfit

Terdapat beberapa contoh gerakan latihan crossfit yang umum dilakukan. Coba kita intip beberapa contoh gerakan berikut ini.

1. Power Clean


Gerakan ini mengandalkan kekuatan dan kecepatan untuk menarik barbel dari lantai dan membawanya ke depan bahu.

2. The Snatch

Kamu mengangkat barbel dengan cepat dari lantai menuju ke atas kepala dengan posisi lengan menggenggam lurus.

3. Barbell Hip Thrust

Gerakan awal adalah menahan barbel di depan bahumu sambil berdiri tegak. Kemudian mulai berjongkok hingga paha sejajar lantai, lalu berdiri lagi dengan mengangkat barbel ke atas kepala.

4. Burpees


Posisi awal gerakan ini adalah berdiri tegak. Lalu kamu akan menjatuhkan badan ke lantai untuk push up, lalu segera berdiri menuju posisi squat untuk kemudian melompat ke atas dengan cepat dan meledak.

5. Pull Up

Kamu menggantungkan tubuh dengan berpegangan pada sebuah palang melintang dan mengangkat badanmu hingga melewati kepala.

6. Push Up


Gerakan ini dilakukan dengan posisi tengkurap lalu mendorong badan ke atas dengan kekuatan tangan di posisi kanan dan kiri tubuh.

7. Sit Up


Gerakan ini memperkuat otot perut dengan posisi awal telentang lalu mengangkat badanmu ke posisi duduk.

Program Olahraga Crossfit, ‘Workout of the Day’


Kamu bisa memilih beberapa menu kombinasi untuk dilakukan tiap hari yang dinamakan workout of the day alias WOD. Terdapat banyak tipe WOD dengan intensitas dan kombinasi berbeda yang dapat kamu sesuaikan dengan kondisi tubuhmu saat berlatih.

Dibawah ini ada beberapa contoh WOD yang tercantum di situs resmi crossfit.

1. Barbara

Ada lima rangkaian kegiatan yaitu 20 pull up, 30 push up, 40 sit up, dan 50 squat yang dilakukan berurutan. Setiap akhir rangkaian ada kesempatan beristirahat 3 menit saja.

2. Angie

Rangkaian WOD ini adalah 100 pull up, 100 push up, 100 sit up, dan 100 squat sepanjang latihan. Tiap gerakan bisa diselingi dengan istirahat.

3. Murph

Ada lari dengan hitungan sejauh 1,5 km yang dilanjutkan 100 pull up, 200 push up, dan 300 squat lalu diakhiri lari lagi 1,5 km

4. Jackie

Rangkaiannya adalah 1000m row, 50 thruster dan 30 pull up yang sebaiknya dilakukan tanpa istirahat.

Keuntungan Melakukan Olahraga Crossfit

Seorang pria sedang melakukan  gerakan latihan dalam olahraga crossfit dengan tali.

Selain menjaga kebugaran tubuh, crossfit terbukti dapat meningkatkan massa otot.

Kapan lagi kan bisa punya bentuk tubuh atletis ala binaragawan? Kombinasi gerakannya melatih kelincahan, keseimbangan dan fleksibilitas tubuh.

Buat kamu yang pengen cepat kurus, olahraga crossfit membakar kalori lebih cepat sehingga dapat menjadi solusi bagus untuk menurunkan berat badan. Belum lagi kamu akan dapat banyak teman satu camp crossfit. Siapa tahu ada yang cocok dan bisa jadi penyemangat berolahraga rutin!

Nah, tunggu apa lagi. Segera cari tahu ke camp crossfit terdekat ya!

Baca juga: Serba-Serbi Olahraga Boxing, Efektif Menurunkan Berat Badan!

You may also like

Leave a Comment