Mudah Kok, Begini Cara Jaga Pola Makan Agar Perut Sixpack

by Justin Sutanto
0 comment

Untuk mendapatkan perut sixpack, latihan saja ternyata tidak cukup. Mengubah pola makan juga sangat penting. 

Pasalnya, ada makanan yang mengandung kalori ekstra dan gula. Makanan ini dapat meningkatkan risiko kenaikan berat badan dan kelebihan lemak tubuh.

Akan tetapi, makanan tertentu dapat meningkatkan metabolisme tubuh, mempercepat pembakaran lemak, serta memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. 

Karena itu, dalam artikel ini saya akan membahas tentang pola makan agar perut sixpack. Apa saja yang harus dimakan atau justru dihindari supaya hasil latihan menjadi maksimal?

Baca juga: 8 Jenis Olahraga yang Paling Banyak Membakar Kalori

1. Tingkatkan Asupan Protein Tinggi

Salah satu fungsi protein tinggi adalah dapat membantu mendorong penurunan berat badan, melawan lemak perut, serta mendukung pertumbuhan otot. Ini sangat penting bagi kamu yang sedang berusaha untuk mendapatkan perut sixpack.  

Sebuah penelitian menyebutkan, konsumsi makanan berprotein tinggi akan menimbulkan perasaan kenyang. Setelah mengonsumsi makanan berprotein tinggi, seorang yang obesitas dapat lebih mengontrol nafsu makannya.

Studi lain juga menyebutkan, orang yang menambah asupan protein 15% lebih banyak dalam makanan mereka bisa menurunkan asupan kalori. Hal ini menyebabkan terjadinya penurunan berat badan dan lemak tubuh secara signifikan. 

Protein juga berguna untuk membantu memperbaiki serta membangun kembali jaringan otot setelah berolahraga. Kandungan makanan ini juga berperan dalam membantu pemulihan otot.

Bukan hanya itu, sebuah penelitian menyebutkan bahwa diet tinggi protein dapat membantu menjaga metabolisme serta massa otot, terutama selama masa penurunan berat badan. 

Jenis makanan yang kaya akan protein antara lain daging, unggas, telur, produk susu, makanan laut, kacang polong, dan berbagai jenis kacang-kacangan dan biji-bijian. Jenis makanan ini bisa kamu tambahkan dalam menu sehari-hari. 

2. Kurangi Makanan Olahan Berat


Jenis makanan olahan berat antara lain keripik, biskuit, kue kering, dan makanan ringan. Makanan-makanan ini biasanya mengandung karbohidrat, kalori, lemak, dan natrium tinggi.

Bukan hanya itu, makanan olahan berat juga biasanya memiliki kandungan nutrisi yang rendah, seperti protein, vitamin, mineral, dan serat. 

Mengganti junk food dengan makanan utuh pada menu makanan sehari-hari akan membuat kamu lebih mudah untuk menurunkan berat badan, mengurangi kadar lemak pada perut, dan akhirnya mendapatkan perut sixpack.

Mengapa hal ini bisa terjadi? Tubuh membutuhkan lebih banyak energi untuk mencerna makanan utuh dengan protein dan serat yang tinggi. Jadi, kalori yang terbakar pun lebih banyak dan metabolisme tubuh tetap tinggi.

Sebaliknya, tubuh membutuhkan lebih sedikit energi untuk mencerna makanan olahan yang tinggi kalori, lemak, karbohidrat, dan sodium. Makanan ini pun tidak memiliki protein dan serat yang cukup untuk membantu penurunan berat badan. 

Berbeda dengan makanan olahan berat, nutrisi pada makanan utuh akan membuat kamu kenyang lebih lama. Kondisi ini tentu sangat berarti dalam mengontrol nafsu makan sehingga membantu menurunkan berat badan. 

Daripada mengonsumsi makanan olahan berat, sebaiknya pilih alternatif seperti buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Jenis makanan ini lebih bergizi.

3. Kurangi Konsumsi Karbohidrat Olahan

Kamu dapat mengurangi lemak ekstra dan mendapatkan perut sixpack dengan cara mengurangi konsumsi karbohidrat olahan. Jenis karbohidrat olahan misalnya kue kering atau pasta.

Dalam proses pengolahan, makanan karbohidrat olahan telah kehilangan sebagian besar vitamin, mineral, dan serat. Hasilnya, nilai gizi makanan ini lebih rendah. 

Karbohidrat olahan juga dapat menyebabkan lonjakan dan penurunan kadar gula darah jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Kamu pun akan merasa lapar lebih cepat. 

Nah, kamu dapat mengganti karbohidrat olahan dengan makanan berupa biji-bijian, misalnya barley, beras merah, bulgur, dan sebagainya. Jenis makanan ini akan membuat kamu merasa kenyang lebih cepat dan bisa membakar lemak di perut. 

Makan biji-bijian disebut dapat membuat ukuran lingkar pinggang mengecil dan berat badan berkurang. Namun, perlu diperhatikan, biji-bijian olahan bisa meningkatkan jumlah lemak di perut, berbeda dengan biji-bijian utuh. 

4. Makan Makanan Berserat


Tambahkan lebih banyak makanan berserat tinggi dalam menu makanan sehari-hari. Ini merupakan bagian dari pola makan agar perut sixpack sekaligus untuk menurunkan berat badan. 

Serat larut yang tidak dicerna dapat bergerak melalui saluran pencernaan dan membantu memperlambat pengosongan lambung. Kamu pun akan merasa kenyang lebih lama. 

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung banyak serat akan membantu kamu mencegah penambahan berat badan serta akumulasi lemak. 

Makanan berserat antara lain buah-buahan, sayur-sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Berbagai jenis makanan ini bisa menjadi menu pilihan yang bisa dikonsumsi demi mengurangi ukuran lingkar perut.

Nah, inilah pola makan agar perut sixpack yang bisa kamu coba. Ini merupakan cara yang tepat untuk mendukung latihan mengencangkan otot perut. Selamat mencoba!

You may also like

Leave a Comment