“Mother Nature’s Sports Drink”, Inilah Manfaat Air Kelapa Muda

by Justin Sutanto
0 comment

Sudah tahukah kamu, manfaat minum air kelapa muda bagi kesehatan?

Saat mendengar kalimat “air kelapa muda”, pasti langsung terbayang dalam pikiran kamu minuman sehat dan menyegarkan! Sebagian orang akan teringat pada es kelapa muda, campuran air kelapa muda dan dagingnya yang lembut sebagai jajanan segar untuk dinikmati saat cuaca panas.

Sebagian lain mungkin membayangkan air kelapa muda yang diminum langsung dari batoknya sebagai minuman pelengkap saat liburan di pinggir pantai atau kawasan tropis lainnya.

Dari dua ilustrasi di atas, cara mana yang paling kamu sukai untuk menikmati kesegaran air kelapa muda?

Apa pun caranya, ada satu kabar baik yang harus kamu tahu, minuman alami yang menyegarkan ini ternyata memiliki segudang manfaat kesehatan bagi tubuh. Yuk, simak info selengkapnya!

Baca juga: 8 Minuman Diet Paling Ampuh Penunjang Performa Fisik

Kandungan Nutrisi Air Kelapa Muda

Sebuah pohon kelapa yang memiliki 4 buah kelapa.

Sebelum membahas lebih jauh tentang manfaat kesehatan di balik kesegaran air kelapa muda, Ada baiknya kita menguraikan dulu nutrisi yang terkandung dalam minuman alami ini.

Satu ons air kelapa muda murni umumnya mengandung 5,45 kalori, 5,45 miligram sodium, 61 miligram kalium atau potassium, dan 1,3 gram gula.

Jadi bisa disimpulkan bahwa air kelapa muda memiliki kandungan gula dan kalori yang rendah, dan sebaliknya minuman ini kaya akan kalium.

Bahkan, ada satu penelitian yang menyebutkan jika kandungan kalium pada kelapa muda jumlahnya empat kali lebih banyak daripada 4 buah pisang berukuran sedang!

Keunggulan nutrisinya ternyata tidak sampai di situ saja, selain rendah gula dan kalori, air kelapa muda juga bebas lemak dan kolesterol sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Saya sudah membuktikan sendiri jika minum air kelapa muda bisa memberi pengaruh positif pada performance fisik saya saat mengajar di kelas Celebrity Fitness Indonesia. Minuman alami ini juga sangat berkhasiat dalam membantu saya menurunkan berat badan.

Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan


Sekarang kita akan masuk pada bahasan inti, yakni manfaat air kelapa muda bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Dirangkum dari berbagai sumber, inilah beberapa manfaat yang ditawarkan oleh air kelapa muda.

1. Menjadi Pengganti Cairan Tubuh yang Efektif

Air kelapa muda terbukti ampuh mengembalikan stamina saya setelah berolahraga atau melakukan aktivitas fisik berat lainnya. Hal ini terjadi karena minuman tersebut memiliki kandungan elektrolit yang terdiri dari kalium, sodium, dan magnesium. Semua kandungannya menjadi pengganti cairan tubuh paling efektif sekaligus menjaga keseimbangan pH dan mengatur kontraksi otot.

2. Kaya akan Antioksidan

Air kelapa muda juga kaya akan antioksidan. Dengan begitu, minuman alami yang menyegarkan ini bisa menangkal efek radikal bebas dalam tubuhmu selama proses metabolisme berlangsung.

3. Mengurangi Risiko Hipertensi

Salah satu penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah rendahnya kadar kalium dalam tubuh. Untungnya kamu bisa menekan risiko terkena hipertensi dengan mengonsumsi air kelapa muda karena minuman ini memiliki kandungan kalium yang tinggi.

4. Menangkal Pembentukan Batu Ginjal

Selain mengurangi tekanan darah tinggi, air kelapa muda juga bisa membantu menangkal pembentukan batu ginjal. Dengan rutin mengonsumsi air kelapa muda, penumpukan garam dan senyawa penyebab batu ginjal dalam tubuh kita bisa dileburkan.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Saya membiasakan diri untuk minum air putih delapan gelas per hari agar dapat melancarkan pencernaan. Namun, kebiasaan tersebut ternyata lebih ampuh jika ditambah dengan minum air kelapa muda. Minuman alami ini tidak hanya melancarkan pencernaan, tapi juga mampu membuang seluruh zat-zat buangan yang tidak lagi diperlukan tubuh kita.

Julukan “Mother Nature’s Sports Drink”

Sebuah perempuan sedang minum air kelapa langsung dari buahnya. Manfaat air kelapa muda sangat baik untuk kesehatan.

Tahukah kamu, jika air kelapa muda mendapat julukan “Mother Nature’s Sports Drink”?

Julukan minuman berenergi dari alam tersebut diberikan karena kandungan elektrolit dalam air kelapa muda yang sangat melimpah. Namun, terlepas dari sisi positifnya yang segudang, ada beberapa hal penting yang harus kamu ketahui sebelum mengonsumsi air alami ini sebagai minuman rutin harian.

Batas Konsumsi Harian


Sebagian besar ahli gizi sebenarnya tidak mempermasalahkan jika kamu mau meminum air kelapa muda setiap hari. Akan tetapi, jumlah konsumsinya tetap harus dibatasi. Dalam konteks konsumsi harian, air kelapa muda idealnya cukup diminum satu atau dua cangkir saja.

Mengonsumsi air kelapa muda juga harus dibarengi dengan minum air putih yang cukup sehingga kandungan gula dan kalori yang diserap tubuh akan tetap seimbang.

Cara Mengonsumsi Air Kelapa Muda yang Aman


Air kelapa muda umumnya bisa dikonsumsi dengan cara yang paling sederhana, yakni meminum langsung dari buahnya.

Meski kesegarannya terjamin, meminum air kelapa muda dengan cara tersebut bisa saja membuatmu bosan jika dilakukan secara terus-menerus. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika kamu mencoba cara lain untuk mengonsumsi minuman alami ini.

Saya biasanya mencampurkan air kelapa muda dengan madu atau jeruk nipis. Selain rasanya lebih nikmat dan segar, Cara ini dipercaya bisa meningkatkan kandungan nutrisi dalam air kelapa muda menjadi dua hingga tiga kali lipat!

Menguntungkan, bukan?

Demikian ulasan tentang air kelapa muda beserta nutrisi dan manfaatnya bagi tubuh. Jadi, setelah mengetahui beragam manfaat air kelapa muda, apakah kamu berniat mengonsumsinya setiap hari?

You may also like

Leave a Comment