Mengapa Sport Massage Penting? Ini Dia 7 Alasan Plus Tipsnya!

by Justin Sutanto
0 comment

Pemulihan merupakan salah satu aspek penting dalam setiap program latihan, tetapi kerap kali disepelekan. Tidak peduli kamu baru saja masuk pusat kebugaran atau sudah siap memulai maratonmu selanjutnya. Apa pun jenis latihan yang membuat tubuh bekerja keras, kamu harus memberikan kesempatan pada otot-otot untuk pulih kembali secara tepat.

Inilah alasan kenapa orang-orang yang aktif berolahraga mengandalkan terapi pijat yang disebut sport massage. Sebenarnya, apa itu sports massage?

Terapi ini tidak seperti perawatan yang biasa kita terima di spa. Sports massage atau pijat olahraga merupakan perawatan yang lebih mengarah ke pencegahan cedera dan menjaga agar bentuk tubuhmu tetap ideal.

Nah, dalam pembahasan kali ini, saya akan menunjukkan berbagai alasan yang membuat pijat olahraga sangat penting. Plus, ada tips yang bisa kamu terapkan!

Baca juga: Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Buat Tim Mager

Alasan Pentingnya Melakukan Terapi Sports Massage


1. Membantu Meningkatkan Fleksibilitas

Pastinya, memaksimalkan latihan sebisa mungkin menjadi tujuanmu. Namun, terlalu banyak latihan akan membebani otot-otot dan membuatnya kaku. Sport massage akan membantu merelaksasi otot-otot yang tegang dan membantu meningkatkan fleksibilitasmu. 

2. Mempercepat Pemulihan

Pijat olahraga akan membuat jaringan-jaringan, seperti tendon, otot, dan ligamen, sembuh lebih cepat dan dengan proses yang tepat. Terapi ini merawat jaringan yang terluka dan meningkatkan fleksibilitas sehingga kamu tetap bisa bergerak walau sedang cedera.

3. Membuat Tubuh Terasa Lebih Nyaman

Tahukah kamu kalau sports massage mampu melepaskan hormon endorfin? Zat kimia dalam tubuh kita ini mampu membuat tubuh terasa lebih nyaman. Endorfin juga bisa mengurangi rasa sakit.

4. Meningkatkan Mobilitas

Gerakan persendian dapat ditingkatkan dengan pijat olahraga. Caranya, yaitu dengan memperpanjang dan meregangkan otot-otot di sekitarnya.

Kemudian, jumlah cairan sinovial pada sendi-sendi juga meningkat. Hal ini akan memicu lebih banyak pergerakan sendi di antara tulang-tulang. Sama halnya dengan menambahkan oli pada kendaraan bermotor, membantu agar semuanya bergerak lebih mudah!

5. Meningkatkan Performa Sehari-Hari

Sports massage mampu membantu meningkatkan kinerjamu dalam kegiatan sehari-hari. Otot-otot yang sedang dalam kondisi prima akan membuat kamu berlari lebih cepat, melompat lebih tinggi, membawa beban yang lebih berat, bahkan memukul sesuatu lebih keras! Apa pun olahraga favoritmu, pijat olahraga bakal memperbaiki performamu!

6. Meningkatkan Sistem Limfatik

Sistem limfatik membantu tubuh kita untuk mengatasi inflamasi. Apabila tidak punya jaringan limfa dalam tubuh, bisa-bisa tubuh kita akan bengkak di mana-mana!

Pada dasarnya, sistem limfatik akan menguras cairan apa pun, menyaring kotoran di dalamnya, lalu mengalirkan cairan bersih kembali ke darah. Nah, pijat olahraga akan membantu drainase limfatik, yang menimbulkan rasa haus ketika kamu selesai melakukan terapi. Oleh karena itu, minumlah air secukupnya setelah menjalani sports massage.

7. Mengurangi Nyeri Otot

Ketika kamu berolahraga atau melakukan aktivitas fisik dalam bentuk apapun, ototmu mengalami robekan kecil di bagian serat-seratnya. Sebenarnya, ini adalah hal yang lumrah dan tidak buruk.

Kondisi ini memicu pembengkakan di dalam jaringan untuk memperbaiki robekan selama proses pemulihan. Proses tersebut menimbulkan rasa nyeri selama sehari atau dua hari setelah olahraga, atau yang disebut juga dengan nyeri otot tertunda.

Pijat olahraga akan membuang limbah-limbah dalam tubuh dan memperbaiki aliran darah sehingga pemulihan otot dapat dipercepat!

Adakah Tips dalam Melakukan Terapi Ini?


Sebelum melakukan terapi ini, ada beberapa tips yang harus kamu cermati. Pertama-tama, cari tahu sports massage yang kamu butuhkan. Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda sehingga terapi yang dijalankan mesti sesuai dengan keadaan.

Pelajari berbagai macam gaya dan jenis pijat, seperti preevent, postevent, rehabilitatif, dan restoratif. Kemudian, carilah layanan pijat olahraga yang kredibel supaya memperoleh perawatan yang tepat dan berkualitas. Jangan lupa minum air secukupnya dan hindari makan berlebihan.

Menurut pengalaman pribadi saya, langkah-langkah pijat olahraga berikut bisa kamu terapkan. Saya biasa melakukan sports massage 3 minggu atau sebulan sekali dengan cara memanggil terapis profesional ke rumah. Terapi ini sangat membantu menjaga kekuatan fisik dan kestabilan performa saya selama latihan fisik di Camp atau ketika mengajar kelas di Celebrity Fitness.

Nah, sudah paham pentingnya sport massage untuk kesehatan? Semoga manfaat-manfaat beserta tips di atas dapat menginspirasimu untuk memaksimalkan kinerja tubuh dalam beraktivitas atau berolahraga.

Saya sangat merekomendasikan terapi ini karena sudah membuktikannya sendiri. Banyak dampak positif yang diterima tubuh saya setelah menerapkan sports massage.

Badan menjadi tidak rentan terkena cedera dan lebih fleksibel dalam bergerak atau berkoordinasi. Selain itu, tulang, persendian, dan kerangka otot menjadi lebih kuat dan kukuh. Tak ketinggalan, sirkulasi darah dalam tubuh saya jadi lebih lancar sehingga oksigen yang ditransfer ke otak lebih banyak sehingga membuat saya lebih fokus. Tunggu apa lagi? Ayo, biasakan sports massage setiap selesai berolahraga dan berkegiatan!

You may also like

Leave a Comment