Mengapa Minum Air Perasan Lemon untuk Diet? Ini Alasannya!

by Justin Sutanto
0 comment

Perubahan kecil dalam suatu proses terkadang bisa membawa pengaruh yang besar, termasuk dalam hal menurunkan berat badan. Salah satu perubahan kecil tersebut adalah dengan meminum air perasan lemon untuk diet, baik menyertakannya dalam menu makan ataupun untuk menggantikan minuman manis yang kurang bergizi.

Ada banyak alasan yang membuatmu harus mempertimbangkan asupan minuman yang satu ini. Apa saja? Yuk, cek daftarnya berikut ini!

Baca juga: Bolehkah Kita Minum Susu untuk Diet Berat Badan?

1. Mengendalikan Nafsu Makan

Minum air sebelum makan bisa membuat kenyang, apalagi jika kamu menambahkan lemon ke dalam minumanmu. Sebuah studi baru-baru ini mengungkapkan bahwa minum sekitar setengah liter air sebelum makan dapat memotong kalori yang dikonsumsi sebanyak 13 persen.

Artinya, makan dengan porsi yang lebih sedikit akan membantu menurunkan berat badan. Metode ini sangat bagus untuk kamu coba!

Para ahli percaya bahwa mengonsumsi air memang bisa membuat kenyang, walau kamu tidak mengonsumsi kalori sama sekali. Namun, meminum setengah liter air bisa jadi sulit dilakukan sebelum makan. Jadi, jangan lupa menambahkan perasan lemon ke dalamnya agar kamu lebih semangat menyelesaikan minumanmu.

2. Meningkatkan Metabolisme

Air perasan lemon untuk diet juga mampu meningkatkan metabolisme, berdasarkan banyak studi kredibel.

Segelas air lemon hangat sebelum memulai aktivitas harianmu akan meningkatkan metabolisme dan membuat tubuhmu berada dalam mode pembakaran kalori. Orang-orang yang terbiasa dengan pola diet sehat ini sering kali mengonsumsi sarapan bernutrisi sehingga terhindar dari kalori.

Bagi kamu yang masih sulit rutin minum air mineral biasa, air lemon dapat membuatmu lebih sering minum daripada saat-saat normal. Itu karena cita rasa dari air lemon yang lezat di lidah.

3. Rendah Kalori dan Gula

Air perasan lemon tanpa tambahan pemanis apa pun hampir tidak mempunyai kalori dan gula. Setengah buah lemon yang diperas dan dimasukkan ke dalam segelas air hanya memiliki 6 kalori total. Coba bandingkan dengan segelas jus jeruk atau jus apel yang punya 110 kalori dan sekitar 20 sampai 25 gram gula. Beda jauh, kan?

Jika mengganti segelas jus dengan segelas air lemon, sebanyak 800 kalori dalam seminggu bisa kamu hindari! Tambahan lagi, beberapa studi menunjukkan bahwa menu yang ditemani minuman rendah kalori akan membuatmu lebih sedikit menyantap hidangan daripada saat dibarengi minuman bersoda atau beralkohol.

4. Menjagamu Tetap Terhidrasi

Sering kali, tubuh kita tidak tahu perbedaan antara lapar dan haus. Misalnya, ketika kamu mengambil camilan dan tak sadar kalau tubuh sebenarnya sedang membutuhkan air. Hal ini menekankan fakta bahwa tubuh manusia sangat membutuhkan air yang cukup, tidak hanya untuk menurunkan berat badan, tetapi juga untuk kesehatan.

Air mengisi tubuh dan membilas berbagai limbah atau toksin yang ada dalam sistem organ. Cairan ini memberikan energi untuk aktivitas fisik, mengatur suhu tubuh, melumasi persendian, dan membantu mengurangi rasa nyeri pada fisik.

Saat tubuh berfungsi dengan benar, sebaiknya kamu memahami hal-hal yang paling dibutuhkan oleh tubuhmu. Terkadang, hal tersebut bukanlah makanan, tetapi minuman.

Plus, ada beberapa riset yang menunjukkan bahwa saat kamu terhidrasi, tubuhmu lebih mudah menghancurkan lemak sehingga berat badan bisa turun. Berikutnya, tetap terhidrasi dengan air perasan lemon juga membuat bentuk tubuhmu tampak lebih ramping.

5. Membuat Tubuhmu Terhindar dari Penyakit

Coba ingat-ingat waktu terakhir kali kamu jatuh sakit. Berat badanmu mungkin berkurang karena tidak selera makan, tetapi akan segera bertambah lagi saat kamu merasa sudah sembuh, bukan? Ketika sedang sakit, tentu kamu tidak bisa pergi ke pusat kebugaran untuk melakukan rutinitas olahraga.

Nah, ada kabar baik tentang minum air perasan lemon untuk diet. Lemon mengandung vitamin C alami yang bisa menjagamu tetap sehat dan bebas dari penyakit.

Itu karena vitamin ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Selain itu, vitamin C juga melawan radikal bebas dalam tubuh yang menjadi pemicu penyakit seiring beranjaknya usia.

Jadi, berapa banyak manfaat yang ada dalam sebuah lemon? Satu buah lemon mengandung 30 persen vitamin C yang dibutuhkanmu dalam sehari!

6. Membantu Detoksifikasi


Air perasan lemon untuk diet juga ternyata membantu detoksifikasi, loh! Dengan menambahkan perasan lemon ke dalam air, proses detoksifikasi menjadi lebih maksimal. Nutrisi dalam lemon menjaga kesehatan hati dan membantu tubuh melepas toksin dalam sistem aliran darah.

Maka dari itu, sangat penting untuk mencelupkan lemon yang sudah diperas ke dalam air. Namun, pastikan lemon sudah dicuci sampai bersih dan kamu bisa menangani rasa yang lebih asam di mulut.

Senyawa pada kulit lemon bisa menstimulasi enzim hati, membersihkan kotoran dalam tubuh, dan, dalam beberapa kasus, bisa melancarkan sistem usus apabila kamu memiliki masalah di organ tersebut.

7. Melancarkan Pencernaan

Lemon mempunyai tingkat keasaman yang tinggi, tetapi asam-asam tersebut tidak akan membahayakan dan malah membantu menyehatkan tubuhmu. Dalam beberapa kasus, asam-asam ini memperlambat pencernaan sehingga membantu tubuh menyerap nutrisi yang kamu konsumsi.

Penyerapan yang melambat kedengarannya seperti hal yang buruk, apalagi jika kita sering menghubungkan metabolisme lambat dengan kenaikan berat badan. Padahal, kondisi ini adalah sesuatu yang sangat baik. Lambatnya penyerapan akan membantu tubuh mengatur kadar gula darah dan mengirim nutrisi ke organ yang tepat.

8. Meningkatkan Energi di Pagi Hari

Minum segelas air lemon di pagi hari pada dasarnya merupakan waktu terbaik. Tubuh kita mengalami jutaan fungsi restoratif selama tidur. Kebanyakan membutuhkan nutrisi yang terkandung dalam air.

Air lemon akan menghidrasimu kembali dan meningkatkan energi tubuh. Tidak hanya itu, minuman ini dapat menghilangkan toksin yang telah diproses oleh sistem tubuhmu semalaman. Minum air lemon segera sehabis bangun tidur juga akan menenangkan rasa laparmu.

Sudah jelas, kan? Air perasan lemon untuk diet ternyata memiliki beragam manfaat yang sayang untuk dilewatkan. Terlebih, minuman segar ini sangat mudah untuk dibuat dan cocok untuk menggantikan minuman yang tinggi kalori. Dengan begitu, tubuh akan menjadi lebih sehat dan berat badan akan lebih cepat turun.

Saya sendiri rutin minum setengah gelas air perasan lemon yang dicampur madu setiap harinya sebagai bagian dari program diet. Biasanya, saya meminumnya di pagi hari, sekitar 30 menit sebelum sarapan. Selain minuman ini, kadang-kadang saya selingi dengan teh hijau. Saya pun mengonsumsi air perasan lemon plus madu sebelum tidur di malam hari.

Hasilnya? Kesehatan tubuh saya jadi meningkat. Berkat minum air perasan secara konsisten, berat badan saya tetap ideal, yakni antara 74 sampai 77 kg. Tak hanya itu, nutrisi vitamin C yang cukup tinggi membuat antibodi tubuh saya lebih kuat dan sehat. Lalu, air perasan lemon membuat sistem pencernaan jadi lebih lancar, kulit wajah dan tubuh tampak lebih halus dan cerah, serta tubuh terhidrasi lebih baik.

Ingin memperoleh tubuh yang sehat? Mulai sekarang, jangan lupa konsumsi air perasan lemon, ya!

Baca juga: 8 Minuman Diet Paling Ampuh Penunjang Performa Fisik

You may also like

Leave a Comment