Makanan untuk Penderita Diabetes ini Enak dan Patut Dicoba!

by Justin Sutanto
0 comment

Mendengar tentang sederet pantangan makanan untuk penderita diabetes, saya yakin kamu bakal setuju dengan saya  tentang bagaimana susahnya memilih jenis makanan yang sehat dan aman dikonsumsi.

Perlu disadari jika pasien diabetes mengonsumsi makanan tertentu secara asal, dapat berisiko terkena penyakit berbahaya seperti stroke, kerusakan ginjal, dan serangan jantung.

Jika ingin sembuh, pasien harus melakukan diet ketat dan mengontrol konsumsi makanan sehari-hari dengan membatasi makanan manis dan berkalori tinggi.

Hal ini memberikan kesan jika pasien diabetes hanya bisa mengonsumsi makanan yang rasanya hambar karena mengandung sedikit gula.

Padahal, kenyataannya tidak sepenuhnya benar!

Cukup banyak makanan enak  yang mengandung sedikit gula, tetapi memiliki kandungan gizi yang kompleks bagi pasien diabetes.

Inilah beberapa di antaranya!

Dark Chocolate  

Sepotong Dark Chocolate yang merupakan salah satu alternatif  makanan untuk penderita diabetes.

Mendengar pasien diabetes mengonsumsi cokelat, saya rasa kamu langsung mengerutkan dahi, bukan?

Padahal, ternyata cokelat boleh dikonsumsi oleh pasien diabetes, tetapi bukan sembarang cokelat ya!

Pilihan jenis coklatnya yaitu dark chocolate karena bebas gula.

Namun, meski berlabel ‘bebas gula’ tercantum di kemasanjangan lupa untuk melakukan ricek ulang komposisi cokelat tersebut ya!

Berdasarkan riset,  dark chocolate  ternyata memiliki banyak manfaat, seperti  menekan nafsu makan yang tinggi, melancarkan pengolahan glukosa darah, dan mengurangi resistensi insulin (hormon yang diproduksi oleh pankreas).

Insulin ini berfungsi  mengantarkan gula dalam darah ke sel-sel  tubuh untuk diolah menjadi energi.

Namun, tubuh pasien diabetes tidak mampu atau kurang menghasilkan insulin.

Inilah yang menyebabkan glukosa dari makanan dalam tubuh tidak dapat diantarkan dengan baik.

Selanjutnya, kondisi ini menyebabkan  jumlah glukosa dalam aliran darah pasien naik.

Dengan adanya sensitivitas insulin yang lebih baik akan bisa membantu mencegah kenaikan kadar gula darah penderita diabetes.

Oatmeal

Semangkuk oatmeal yang diberi topping buah-buahan.

Oatmeal atau bubur gandum bisa menjadi pilihan makanan untuk penderita  diabetes sebagai pengganti bahan karbohidrat utama seperti nasi dan mie.

Oatmeal terbuat dari gandum utuh yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh, sehingga  pasien diabetes disarankan mengonsumsi oatmeal dalam diet sehat kesehariannya.

Hal ini disebabkan gandum utuh yang  terkandung  dalam oatmeal bisa membantu menjaga gula darah dan kadar kolesterol dalam tubuh.

Oatmeal juga kaya akan serat dan mengandung fosfor, protein, magnesium, dan vitamin B1 untuk sumber energi.

Namun, demi kesehatan jangan sekali-kali menambahkan gula pada oatmeal ini!  Tambahkan saja buah-buahan seperti pisang, stroberi, dan blueberry.

Stroberi

Buah Stroberi juga merupakan salah satu alternatif makanan untuk penderita diabetes.

Tidak dapat dimungkiri,  jika stroberi buah yang memiliki kalori yang rendah, kaya serat, vitamin C dan nutrisi, ini baik dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Pasalnya, pasien diabetes membutuhkan lebih banyak serat agar mereka lebih cepat merasa kenyang sehingga akan makan lebih sedikit.

Selain serat, stroberi juga mengandung antioksidan tinggi yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol serta hormon insulin pasien diabetes setelah selesai makan.

Stroberi juga mampu memperbaiki gula darah dalam tubuh serta meminimalisasi risiko penyakit jantung.

Pasien bisa mengonsumsi stroberi secara langsung. 

Alpukat

Sepotong buah alpukat yang dibelah dan terlihat bagian bijinya.

Buah alpukat juga bisa dikonsumsi oleh pasien diabetes karena mengandung lemak baik yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Dengan mengonsumsi buah alpukat ini, pasien bisa menjaga kadar gula darah tubuh dan mencegah kenaikan gula darah yang tinggi.

Selain itu, penting untuk diketahui jika buah alpukat bahkan dapat membantu pasien diabetes menurunkan berat badan, karena lemak baik dalam alpukat bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama.

Pada akhirnya, alpukat mampu  meningkatkan sensitivitas insulin yang dibutuhkan oleh pasien diabetes agar tidak terkena penyakit komplikasi lainnya.

Ikan Laut

Seporsi Ikan Salmon yang didampingi dengan lauk sayuran hijau serta disajikan diatas piring berwarna hitam.

Lalu makanan enak apalagi yang dapat dikonsumsi oleh pasien diabetes?

Ternyata ikan laut yang rasanya lezat pun boleh dimakan oleh pasien diabetes.

Ikan laut bahkan baik bagi pasien diabetes untuk menjaga kesehatannya, karena mengandung protein tinggi dan tidak ber-karbohidrat.

Hanya saja cara pengolahannya  juga perlu diperhatikan, tidak berbeda dengan daging, cara pengolahannya bisa dengan direbus ataupun dikukus.

Jangan lupa untuk memilih ikan yang banyak mengandung lemak sehat misalnya salmon, trout, dan hering.

Kalian tentu setuju jika salmon dan tuna rasanya sangat enak dan ikan-ikan ini juga banyak mengandung omega 3 DHA dan EPA yang baik untuk kesehatan jantung.

Sebagai catatan saat pasien diabetes mengonsumsi ikan laut, kurangi konsumsi ikan yang mengandung merkuri tinggi seperti ikan tuna.

Jadi, sekarang kamu paham jika penderita diabetes masih dapat merasakan makanan yang enak dan tetap sehat ya?

Selain itu, perlu diketahui bahwa masih banyak lagi deretan makanan untuk penderita diabetes yang rasanya enak, mulai dari dada ayam, sayuran, hingga ubi jalar.

Jadi, tinggal pintar-pintar kalian saja, bagaimana mengolah dan menyajikannya  dengan baik agar tetap sehat.

You may also like

Leave a Comment