Catat! Ini 7 Alasan Pentingnya Sarapan Pagi untuk Kesehatan!

by Justin Sutanto
0 comment

Sarapan sering disebut sebagai “waktu makan paling utama dalam sehari”. Hal ini dibuktikan oleh banyaknya riset yang menunjukkan betapa pentingnya sarapan pagi bagi kesehatan tubuh.

Ketika bangun dari tidur di malam hari, tubuh manusia biasanya tidak memperoleh asupan nutrisi hingga 10 jam. Sarapan adalah momen yang tepat untuk mengembalikan energi setelah beristirahat.

Sayangnya, di balik beragam manfaat yang ditawarkannya, masih banyak orang yang mengabaikan dan melewati waktu makan ini. Entah karena mereka sibuk, malas, atau tidak punya bujet untuk membuat sarapan bergizi.

Nah, sahabat sports enthusiast, ada banyak alasan yang membuatmu harus mencermati jam makan ini sebelum menjalankan aktivitas sehari-hari. Mari catat poin-poin berikut!

1. Berisi Nutrisi yang Esensial untuk Tubuh

Menu sarapan kaya akan nutrisi-nutrisi penting, seperti asam folat, zat besi, vitamin B, serat, dan kalsium. Sarapan paling banyak mengisi kebutuhan gizi harianmu. Faktanya, orang-orang yang sarapan relatif mampu memenuhi asupan vitamin dan mineral yang direkomendasikan dalam sehari ketimbang mereka yang tidak sarapan.

Vitamin dan mineral esensial hanya bisa diperoleh dari makanan. Jadi, walau tubuhmu terbiasa mencukupi energi sampai jam makan selanjutnya, kamu tetap harus memenuhi kadar vitamin dan mineral saat sarapan supaya kesehatan dan daya tahan terjaga.

2. Mengembalikan Maupun Mengisi Energi

Energi tubuh bersumber dari glukosa. Senyawa organik ini diperoleh dari penyerapan dan pemecahan karbohidrat yang kamu konsumsi.

Tubuh manusia sendiri sebagian besar menyimpan energi sebagai lemak. Selain itu, glukosa juga tersimpan dalam bentuk glikogen, yang kebanyakan berada di hati dan sebagian kecil berada pada bagian otot.

Selama tidak makan, seperti saat larut malam, hati akan memecah glikogen dan menyalurkannya ke aliran darah sebagai glukosa. Senyawa tersebut akan membuat kadar gula darahmu tetap stabil. Glukosa juga sangat penting untuk otak karena organ ini sangat mengandalkannya sebagai sumber energi.

Bagi sebagian orang, melewatkan sarapan bisa menjadi cara yang tepat untuk mengurangi asupan energi. Namun, riset membuktikan, meski konsumsi energi lebih tinggi, seseorang yang sarapan cenderung memiliki fisik yang lebih aktif ketimbang orang-orang yang tidak makan sama sekali hingga siang hari tiba.

3. Mengontrol Berat Badanmu


Berikutnya, sarapan juga mencegahmu dari kelebihan atau kekurangan berat badan. Makan di jam ini membuat perubahan kadar gula darah terkendali. Tak hanya itu, sarapan akan mengisi perut sebelum kamu benar-benar merasa lapar.

4. Meningkatkan Performa Otak

Pernahkah kamu merasa kesulitan untuk fokus saat tidak sarapan sebelumnya? Hal ini karena otak tidak menerima glukosa yang cukup sebagai sumber energi untuk tetap berfungsi.

Sudah banyak studi yang mengungkapkan bahwa melewatkan sarapan akan berpengaruh pada kinerja mentalmu, termasuk kemampuan konsentrasi, atensi, dan memori. Inilah yang menyebabkan banyak tugas harianmu terasa lebih rumit ketika dikerjakan.

Anak-anak atau remaja yang secara konsisten menjaga sarapan cenderung lebih baik di bidang akademik daripada orang-orang sebaya mereka yang tidak sarapan sama sekali. Mereka pun merasa lebih bisa terhubung dengan para guru di sekolah.

5. Membantumu Memilih Opsi Makanan dan Minuman yang Lebih Sehat

Orang-orang yang rajin sarapan pagi biasanya punya program diet yang sehat secara keseluruhan. Mereka juga jarang mengonsumsi kudapan ketika lapar dan memiliki kebiasaan makan yang lebih baik.

Sementara itu, kelompok yang sering melewatkan sarapan akan lebih mudah “ngemil” di pertengahan hari. Belum lagi, ini akan menjadi masalah bila kudapan yang dikonsumsi tinggi akan lemak dan garam, tetapi rendah serat, mineral, dan vitamin.

Jika memang kamu merasa lapar saat menjelang siang, tidak ada salahnya memilih camilan bergizi. Misalnya, yoghurt, roti gandum utuh, stik sayur, dan buah-buahan segar.

6. Mengurangi Risiko Penyakit


Berbagai risiko penyakit yang mengintai akan membuatmu mengerti betapa pentingnya sarapan pagi. Orang-orang yang rutin sarapan cenderung mempunyai risiko obesitas dan diabetes tipe 2 yang lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak sarapan. Selain itu, adapun banyak bukti yang menunjukkan bahwa orang yang melewatkan makan pagi lebih mudah terserang penyakit kardiovaskular.

7. Mengendalikan Nafsu Makan

Tidak punya waktu untuk sarapan dan membuatmu hanya membayangkan makanan dan minuman serba manis? Itu karena melewatkan makan pagi menjadikan sumber makanan tinggi kalori tampak lebih menggugah selera, seperti yang dilansir sebuah studi. Oleh sebab itu, sangat penting meluangkan waktu untuk menyantap menu sehat di pagi hari.

Sekarang, sudah paham tentang pentingnya sarapan pagi, kan? Waktu makan ini memberikan beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Oleh karena itu, jangan sampai melewatkannya, ya, sports enthusiasts!

Bagaimana dengan rekomendasi makanan dan minuman yang tepat untuk sarapan? Kamu bisa mencoba menu-menu yang mudah, seperti bubur oatmeal giling, sereal gandum utuh, kacang-kacangan mentah dan buah-buahan segar, smoothies, atau yoghurt tawar. Ayo, mulai biasakan sarapan pagi dengan hidangan-hidangan sehat sejak dini!

Baca juga: Ingin Diet, 7 Bahan Salad Buah Ini Malah Bikin Gemuk!

You may also like

Leave a Comment