Cara Menurunkan Berat Badan Tanpa Olahraga Buat Tim Mager

by Justin Sutanto
0 comment

Saya yakin banyak di antara kamu yang sudah memahami jika menjaga berat badan itu merupakan sebuah kewajiban. Tidak hanya terkait penampilan melainkan juga untuk kesehatan.

Dari dulu hingga kini, olahraga dianggap sebagai cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. Sayangnya, tidak semua orang MAU rutin berolahraga sehingga cita-cita memiliki bentuk tubuh ideal dan sehat pun mudah pupus.

Oleh karena itu, ada beberapa cara lain yang bisa membantu kamu tim mager untuk menurunkan berat badan, yaitu dengan menerapkan gaya hidup aktif dan produktif.  

Saya memiliki beberapa kebiasaan di rumah yang dapat menjadi alternatif cara menurunkan berat badan tanpa olahraga paling efektif yang bisa kamu coba! Berikut penjelasannya.

1. Lakukan Stretching Setiap Pagi

Seorang wanita sedang melakukan aktivitas stretching  atau peregangan tubuh. Aktivitas ini merupakan salah satu alternatif cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Stretching atau peregangan tubuh yang biasanya dilakukan sebagai persiapan sebelum berolahraga ini, ternyata juga bermanfaat untuk membantu menurunkan berat badan.

Meski tidak seefisien jika kamu melakukan aktivitas fisik lainnya yang lebih berat, proses peregangan selain untuk menghangatkan otot badan juga dapat membakar lemak di tubuhmu.

Baca juga: Mengapa Sport Massage Penting? Ini Dia 7 Alasan Plus Tipsnya!

2. Bersih-Bersih 

Seorang pria berbaju biru sedang melakukan aktivitas membersihkan kaca. Aktivitas ini merupakan salah satu alternatif cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Jangan remehkan kegiatan bersih-bersih, karena jika kamu rajin bersih-bersih di rumah, aktivitas ini akan membantu pembakaran kalori dalam tubuh.

Sebagai contoh mengelap jendela atau furnitur rumah lainnya seperti meja, kursi, dan hiasan dapat membakar 167 kalori per 30 menit.

Sementara mencuci baju, dimulai dari proses mencuci, menjemur, melipat, lalu mengaturnya ke dalam lemari baju dapat menghabiskan sekurangnya 280 kalori.

Jadi usahakan bersih-bersih atau melakukan pekerjaan rumah lainnya yang dapat menjadi kebiasaan baik kamu di rumah ya! 

Selain kamu bisa lebih mandiri, kamu juga akan lebih banyak bergerak. Apalagi jika kamu harus naik turun tangga rumah, kalori dalam tubuh akan terbakar lebih banyak lagi, menarik bukan?

3. Masak Sendiri


Jika kamu bisa masak, bersyukurlah!

Pasalnya, aktivitas ini juga akan membuatmu lebih banyak bergerak. Apalagi terdapat penelitian dari Harvard Health yang membuktikan jika aktivitas ini dapat membakar sekitar 75 – 111 kalori per 30 menit!

Dengan demikian, kalian bisa membakar kalori tanpa harus melakukan aktivitas olahraga secara langsung. Banyaknya aktivitas yang dilakukan saat proses memasak, akan menyebabkan lebih banyak kalori dalam tubuh terbakar dan ujung-ujungnya kurus deh!

4. Mengatur Pola, Jadwal, dan Porsi Makan


Ingin kurus tanpa berolahraga? Pastikan untuk mulai membiasakan mengatur pola makan, jadwal, dan porsi makanmu! Memang tidak mudah saat memulainya, tetapi jika sudah terbiasa segalanya akan jauh lebih mudah bukan?

Jadi, mulailah biasakan menerapkan pola makan yang sehat seperti makan makanan berserat tinggi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan. Atur jadwal makanmu dengan lebih baik seperti jangan terlalu malam saat makan malam, karena jam makan terlalu larut akan meningkatkan kemungkinan penimbunan lemak yang berlebih.

Jangan lupa, mengatur porsi makan juga tidak kalah penting! Jika kamu terbiasa dengan pola makan teratur, tubuh bisa lebih cepat kurus!

5. Perbanyak Minum Air Putih

Seorang wanita memakai pakaian berwarna kuning sedang minum air putih. Aktivitas ini merupakan salah satu alternatif cara menurunkan berat badan tanpa olahraga.

Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga lainnya adalah dengan minum banyak air putih.

Cara ini cukup efektif buat kalian yang mager atau tidak punya waktu untuk berolahraga. Air putih tidak hanya membantu meningkatkan kesehatan tubuh, tetapi juga dapat menjadi solusi tepat untuk berdiet.

Jika kamu kurang minum air putih, tubuh akan mengalami dehidrasi yang dapat memicu rasa lapar, akibatnya diet pun gagal total. Setidaknya minumlah sekitar 0.5 liter air dan lakukan terutama 30 menit sebelum makan agar tubuh menyerap lebih sedikit kalori.

Jika dibandingkan orang yang tidak minum air putih sama sekali, cara ini akan lebih efektif untuk menurunkan berat badan sekitar 44% dalam waktu 12 minggu atau tiga bulan.

Jadi, mulai sekarang biasakan perbanyak minum air putih di rumah dibandingkan minum minuman beralkohol, minuman bersoda, dan jus buah konsetrat ya!

Baca juga: Manfaat Minum Air Putih yang Seringkali Kamu Sepelekan!

6. Pola Tidur Dijaga dan Hindari Stres


Bagi kamu yang hobi begadang, sebaiknya tinggalkan kebiasaan ini jika kamu ingin kurus!

Saat kamu kurang tidur, hormon ghrelin yaitu hormon yang merangsang rasa lapar dan hormon leptin akan terganggu. Akibatnya, kamu pun akan lebih banyak makan dan berat badan pun bertambah dengan sukses. Kondisi ini pernah saya alami sendiri, jadi kamu jangan sering-sering begadang!

Bagaimana dengan stres, apa hubungannya stres dengan diet? Perlu diketahui, jika stres mampu meningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon ini selanjutnya akan mengganggu kinerja hormon lainnya dalam tubuh, yang selanjutnya akan menyebabkan meningkatnya rasa lapar dan membuatmu ingin terus ngemil.

Selanjutnya, tubuhmu pun akan melar seiring berjalannya waktu, seperti yang pernah saya alami juga, gawat kan?

7. Aktif Bergerak! 


Ini bukti bahwa membakar kalori tidak hanya dapat dilakukan dengan berolahraga saja, melainkan bisa kamu lakukan juga dengan banyak aktivitas bergerak! Cobalah untuk selalu melakukan aktivitas seperti jalan-jalan di taman,  main-main dengan hewan peliharaan, rajin berbenah kamar, hingga mencuci kendaraan pribadi.

Nah, itulah 7 cara menurunkan berat bandan tanpa olahraga paling efektif yang bisa kalian jadikan kebiasaan baik saat di rumah aja.

Ingat! Biasakan pola hidup aktif serta produktif. Hasilnya tidak hanya secara fisik melainkan juga pikiran menjadi lebih jernih, serta kesehatan mental pun meningkat!

You may also like

Leave a Comment