Cara Cepat dan Tepat Mengecilkan Lengan, Ini Rahasianya!

by Justin Sutanto
0 comment
Gambar seseorang sedang melatih otot lengannya supaya ukurannya mengecil

Bagi banyak orang, terutama perempuan, memiliki lengan bergelambir sering kali menurunkan rasa percaya diri. Meski ada banyak sekali cara mengecilkan lengan besar secara cepat, faktanya lengan merupakan area di mana lemak tubuh yang membandel sulit untuk dihilangkan.

Bukan berarti tidak bisa dihilangkan. Namun seberapa keras usaha kamu mencoba untuk mengontrol asupan makananmu, lemak pada lengan tetap tidak akan hilang. Menjengkelkan bukan? Untuk itu sebelum mengetahui cara permanen untuk mengurangi lemak membandel, penting untuk mengetahui apa yang menyebabkan lemak bisa menumpuk di lengan atas.

Apa yang Menyebabkan Lengan Berlemak?

ilustrasi seseorang sedang mengukur lengan nya

Memiliki lengan berlemak merupakan masalah hampir sebagian besar orang, terutama perempuan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penumpukan lemak membandel pada area lengan atas, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Faktor Usia

Usia merupakan faktor utama yang menyebabkan lemak menumpuk pada area-area tertentu, terutama lengan atas. Seiring bertambahnya umur, tubuh secara otomatis akan menyimpan lebih banyak lemak. Disamping itu, massa otot juga cenderung mulai mengecil terutama saat mulai menginjak usia 20-an. 

2. Rendahnya Kadar Hormon Testoteron

Stres, pola makan tidak teratur, jarang bergerak, dan kurang tidur merupakan satu dari sekian banyak penyebab menurunnya kadar testosteron dalam tubuh. Testosteron merupakan hormon yang berfungsi untuk membangun otot.

Apabila kadar testosteron rendah, otomatis tubuh akan menyimpan lebih banyak lemak dan menghambat perkembangan otot. Lengan atas merupakan salah satu area di mana hal tersebut bisa terjadi.

3. Metabolisme Rendah

Bertambahnya usia juga bisa mempengaruhi metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang rendah, otomatis tubuh sulit melakukan pembakaran kalori. Meski begitu, masih ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh.

Cara Mengecilkan Lengan Atas dengan Cepat

Olahraga merupakan salah satu solusi paling efektif untuk mengecilkan lengan yang besar. Jenis latihan yang bisa diterapkan pun cukup sederhana. Kamu bahkan tidak perlu pergi ke pusat kebugaran. 

Cukup dengan peralatan sederhana yang kamu miliki di rumah, olahraga untuk membakar lemak membandel di lengan bukanlah hal yang merepotkan. Berikut beberapa jenis olahraga yang bisa dicoba:

1. Push-Up

seorang pria sedang melakukan olahraga push up

Latihan yang satu ini merupakan yang paling umum dilakukan untuk mengecilkan lengan. Jika dilakukan secara rutin, lengan akan mengalami perubahan bentuk menjadi lebih ramping. Hal ini karena lemak yang menumpuk akan terus tergerus dengan push-up.

Push-up sendiri dibagi menjadi tiga, yakni push-up sempurna, lutut, dan dinding. Push-up sempurna merupakan push-up yang dilakukan di lantai. Gerakan push-up lutut sebenarnya sama dengan yang dilakukan di lantai. Namun bedanya adalah tumpuan dipindahkan ke area lutut.

Sementara push-up dinding dilakukan di depan dinding. Gerakannya sama seperti push-up sempurna, hanya medianya saja yang membedakan.

2. Skipping

seorang wanita sedang melakukan olahraga lompat tali atau skipping

Skipping atau lompat tali merupakan cara mengecilkan lengan besar yang bisa kamu lakukan di rumah. Untuk melakukan latihan yang sederhana ini kamu hanya memerlukan jump rope dan sepatu olahraga yang nyaman

Untuk mendapatkan hasil yang cepat, kamu bisa melakukan olahraga ini setiap pagi dan sore. Jangan lupa juga untuk meningkatkan intensitasnya agar proses pembakaran lemak pada bagian lengan bisa lebih efektif.

Baca juga: Cukup 30 Menit! Bakar Kalori dengan Skipping biar Badan Ideal

3. Boxing

seorang wanita sedang melakukan olahraga boxing

Boxing atau tinju memang terkenal sebagai olahraga ekstrem yang dilakukan oleh atlet profesional. Namun kini tinju menjadi salah satu olahraga paling efektif untuk membakar lemak membandel, terutama pada bagian lengan.

Latihan ini juga efektif untuk membentuk otot lengan. Untuk mendapatkan lengan yang ramping namun terlihat kokoh, lakukan latihan ini selama kurang lebih dua bulan secara rutin.

Diet Seperti Apa yang Bisa Membantu Mengecilkan Lengan?

Selain dengan melakukan gerakan latihan di atas, lemak membandel di lengan atas juga bisa dikurangi dengan menerapkan pola hidup sehat. Pola hidup yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Konsumsi Gula

Pada umumnya konsumsi gula yang seimbang tidak berbahaya bagi tubuh. Namun untuk menghilangkan lemak pada lengan, kamu harus mulai mengurangi atau sama sekali tidak mengkonsumsi makanan dengan kadar gula tinggi.

2. Konsumsi Makanan Kaya Protein

Mengonsumsi makanan kaya protein juga bisa membantu mengecilkan lengan bergelambir. Protein bisa membantu perkembangan otot dan meningkatkan metabolisme, sehingga bisa membakar lebih banyak kalori.

3. Jangan Melupakan Sarapan

ilustrasi seorang pria sedang makan

Banyak orang yang menganggap bahwa sarapan merupakan waktu makan yang perlu dihindari untuk mengurangi lemak. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Kalau kamu ingin memiliki lengan yang ramping, melupakan sarapan adalah hal yang sangat tidak disarankan.

Melewatkan sarapan justru hanya akan membuatmu lebih banyak mengonsumsi makanan pada siang hari. Maka dari itu, awali harimu dengan sarapan rendah lemak dan bernutrisi tinggi. Kalau kamu merasa takut dengan jumlah kalori pada saat sarapan, cobalah untuk menghitung kalori yang dibutuhkan tubuhmu.

Baca juga: Catat! Ini 7 Alasan Pentingnya Sarapan Pagi untuk Kesehatan!

Perlu diketahui bahwa mengecilkan lengan yang besar bukanlah perkara yang mudah. Seperti yang sudah disampaikan di atas, faktor umur merupakan hal yang menyebabkan lemak bisa kembali menumpuk di lengan atas.

Bukan berarti tidak bisa dikecilkan. Namun tahu soal cara mengecilkan lengan besar secara cepat dan tepat saja tidak cukup. Perlu solusi yang permanen selain dengan melakukan gerakan latihan untuk mendapatkan lengan ramping, yakni dengan mulai menerapkan gaya hidup yang sehat

You may also like

Leave a Comment