8 Minuman Diet Paling Ampuh Penunjang Performa Fisik

by Justin Sutanto
0 comment

Minuman diet paling ampuh mungkin menjadi topik yang masih belum terlalu banyak dibahas. Padahal selain jenis olahraga dan makanan, minuman yang dikonsumsi juga berpengaruh terhadap kelangsungan diet yang dilakukan.

Karena itu, kali ini saya akan membagikan beberapa macam minuman diet paling ampuh versi saya yang membantu menunjang performa fisik untuk menjalankan aktivitas sehari-hari. Adapun sederet minuman ini tidak hanya untuk membantu menurunkan berat badan, tetapi juga membantu menjaga serta meningkatkan sistem imun tubuh.

1. Air Perasan Lemon dan Madu

Lemon merupakan sumber vitamin C yang baik sehingga sangat bagus untuk menjaga imun. Banyak studi juga telah menunjukkan bahwa tubuh yang kekurangan vitamin C memiliki risiko lebih tinggi terkena infeksi. Selain itu, lemon juga memiliki kandungan asam sitrat dan flavonoid yang memiliki sederet manfaat kesehatan. 

Buah dengan kulit berwarna kuning ini terbukti mampu membantu menjaga serta mengurangi berat badan. Lebih jauh, lemon juga dapat membantu mencegah terjadinya batu ginjal, menjaga kesehatan jantung, melindungi tubuh dari anemia, mengurangi risiko terkena kanker, dan meningkatkan kesehatan sistem pencernaan.

Saya sering menambahkan madu untuk memberikan sedikit rasa manis sekaligus memperoleh berbagai manfaat kesehatan lainnya. Perpaduan air perasan lemon dan madu akan menjadi minuman diet paling ampuh yang bisa dinikmati sehari-hari.

Madu sendiri kaya dengan antioksidan dan mampu menurunkan kadar LDL. Selain itu, bahan makanan dengan rasa manis yang lebih baik daripada serbuk gula ini juga dapat menjaga kesehatan kulit serta membantu meredakan berbagai keluhan pada kulit. Tentunya untuk mendapat manfaat ini, saya selalu memastikan untuk menggunakan madu asli serta tidak menggunakan sendok berbahan logam saat mengolah madu kedalam air perasan lemon tersebut.

2. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda termasuk dalam kelompok minuman sehat yang menjadi favorit saya. Pasalnya, minuman segar ini punya kalori yang rendah, tetapi punya kandungan nutrisi yang tidak sedikit seperti vitamin C, potasium, kalsium, sodium, dan beberapa mineral lainnya. Tak ketinggalan, air kelapa muda juga bebas lemak dan kolesterol.

Saya kerap mengonsumsi air kelapa muda setelah berolahraga. Hal ini karena air kelapa muda merupakan cairan pengganti tubuh yang efektif. Kandungan elektrolit yang terbentuk dari kalium, sodium, dan magnesium juga membantu menjaga keseimbangan pH sekaligus mengatur kontraksi otot.

Kandungan kalium air kelapa muda khususnya juga sangat membantu mengurangi risiko hipertensi. Selain itu, minuman alami ini sangat membantu melancarkan pencernaan sekaligus membuang zat-zat buangan yang tidak lagi diperlukan tubuh.

3. Susu Segar dan Chia Seed

Kamu tentu tidak asing dengan berbagai kebaikan yang ada di dalam susu sapi segar (fresh milk). Minuman ini punya banyak kandungan nutrisi penting bagi tubuh, seperti protein, vitamin D, kalsium, vitamin B12, riboflavin, potasium, fosfor, dan selenium.

Adapun protein dalam susu merupakan protein komplet. Artinya, sembilan asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk melakukan fungsinya dengan optimal ada  di dalam minuman ini. Tentunya, tingginya kandungan protein dalam susu juga membantu mempertahankan massa otot.

Untuk membuat susu menjadi minuman diet paling ampuh, Anda bisa menambahkan chia seed. Bahan makanan yang berasal dari biji tanaman Salvia hispanica ini kaya akan nutrisi meski kalorinya rendah, memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga baik untuk kesehatan pencernaan, dan mampu mencegah berbagai risiko penyakit seperti penyakit jantung, meredakan inflamasi kronis, serta menurunkan kadar gula darah.

4. Jus Mentimun dan Pare

Saya biasa menggunakan mentimun sebagai salah satu alternatif minuman sehat dan menyegarkan. Sayuran ini sangat tinggi akan kandungan air dan vitamin C sehingga menjaga tubuh tetap terhidrasi, mencegah retensi air dan mengurangi pembengkakan.

Manfaat lain dari mentimun yang saya suka adalah kemampuannya untuk melepaskan panas berlebihan di dalam perut yang dapat menyebabkan napas bau. Tak ketinggalan, sayur yang sangat mudah ditemukan ini mampu pula mengendalikan tekanan darah.

Bahan yang sering saya padankan saat mengkonsumsi jus mentimun adalah pare. Walau banyak yang tidak menyukai rasa pahitnya, pare toh nyatanya memiliki komposisi vitamin C serta antioksidan yang tinggi sehingga mampu meningkatkan imun tubuh sekaligus menjaga kesehatan otak. Kandungan provitamin A dalam pare pun mampu menjaga kesehatan kulit serta mata.

5. Jus Tomat dan Wortel

Cantiknya warna merah dari tomat segar sebanding dengan kebaikan yang dimiliki. Di samping manfaat dari vitamin C dan antioksidan yang tinggi untuk menjaga kekebalan tubuh, tomat sangat membantu untuk menjaga kesehatan kulit.

Untuk membuat rasanya jadi lebih manis, saya biasa mengombinasikan tomat dengan wortel dalam bentuk jus. Sayur ini juga memiliki kandungan air yang tinggi sehingga tidak perlu menambahkan air saat membuat jus tomat dan wortel.

Seperti tomat, wortel pun sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit, mulai dari pencegahan penuaan hingga pencegahan inflamasi. Selain itu, wortel juga membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membantu mengurangi berat badan, mengurangi risiko kanker, dan menjaga kesehatan mata.

6. Jus Apel dan Jeruk

Dua buah ini sangat mudah untuk ditemukan. Guna mendapatkan manfaat dari keduanya sekaligus, saya pun mengombinasikan apel dan jeruk untuk dibuat dalam bentuk jus.

Berita baiknya, apel juga punya kemampuan menurunkan kolesterol jahat pada tubuh. Kemampuannya untuk membuang toksin dalam tubuh pun membuat liver saya lebih sehat.

Adapun jeruk sendiri menjadi sumber vitamin C yang membantu menjaga daya tahan tubuh dari berbagai infeksi dan penyakit. Pastinya, jeruk juga membantu melancarkan pencernaan sehingga mengurangi risiko sembelit yang selalu membuat aktivitas jadi tidak nyaman.

7. Teh Hijau

Teh hijau sebagai minuman diet paling ampuh bukanlah hal baru. Beberapa studi menunjukkan bahwa teh hijau dapat meningkatkan metabolisme sehingga meningkatkan pula pembakaran lemak tubuh.

Minuman ini juga mengandung berbagai zat bioaktif seperti polifenol yang dapat mengurangi inflamasi dan membantu melawan kanker. Selain itu, kandungan epigallocatechin-3-gallate (EGCG) yang merupakan antioksidan alami membantu mencegah kerusakan sel dalam tubuh.

Katekin dalam teh hijau turut memberi benefit bagi kesehatan mulut dengan menekan pertumbuhan bakteri penyebab timbulnya plak. Yang lebih menyenangkan, konsumsi teh hijau juga bisa membantu menghindarkan saya dari bau mulut.

Baca juga: Efektifkah Teh Hijau untuk Menurunkan Berat Badan?

8. Kopi Hitam

Saya biasanya mengonsumsi kopi hitam sebelum olahraga karena akan meningkatkan proses pembakaran lemak saat latihan. Dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, kopi hitam juga membantu menjaga daya tahan sehingga saya tak mudah lelah saat berolahraga. 

Hal ini karena—menurut beberapa studi—kopi hitam menstimulasi tubuh untuk menggunakan lemak yang tersimpan alih-alih glikogen (gula) ketika berolahraga. Dengan demikian, otot pun dapat digunakan dalam waktu yang lebih lama.

Tak ketinggalan, kopi hitam terbukti meningkatkan konsentrasi saya. Di luar sesi latihan pun, mengonsumsi minuman ini dapat membuat saya menjadi fokus terhadap hal-hal yang sedang dikerjakan. 

Baca juga: Ini Penjelasan Ilmiah Manfaat Kopi Hitam Tanpa Gula untuk Diet

Itulah beberapa minuman diet paling ampuh versi saya. Hingga kini, saya rutin mengonsumsi delapan jenis minuman ini setiap minggunya secara berselang-seling agar memperoleh benefitnya secara maksimal. Tak cuma membantu saya dalam menjaga berat badan ideal, konsumsi rutin minuman ini juga meningkatkan kualitas kesehatan saya secara keseluruhan.

You may also like

Leave a Comment