7 Gerakan Membentuk Perut Sixpack untuk Dilakukan di Rumah

by Justin Sutanto
0 comment

Memiliki lingkar perut yang ideal adalah impian banyak orang. Ukuran lingkar perut yang melebihi batas menandakan kamu memiliki lemak perut yang berlebih. Selain tidak baik dari segi kesehatan, perut yang terlihat buncit bikin penampilanmu kurang menarik. Kamu pun bisa bermasalah dengan ukuran pakaian yang bisa dikenakan. Faktanya, tidak mudah untuk mendapatkan perut yang rata dengan otot yang kencang atau sixpack. Kamu harus rutin dan disiplin melakukan gerakan membentuk perut sixpack seperti berikut ini.

Baca juga: Ingin Membentuk Perut Sixpack, Kenali Dulu Mispersepsi Berikut

1. Legs Down Hold

Gerakan pertama adalah Legs Down Hold. Mulailah dengan berbaring lurus di matras. Letakkan kedua tangan di sisi kanan dan kiri dengan telapak menghadap ke lantai.

Kemudian, angkat kedua kaki secara bersamaan. Jarak tumit dan lantai sekitar 10 cm. Pastikan kaki tidak menekuk. Angkat kepala dan bahu hingga tidak menyentuh lantai. 

Kedua tangan tetap lurus di samping tubuh. Telapak tangan bisa digunakan menjadi tumpuan. Untuk hasil yang maksimal, tahanlah gerakan ini hingga 45 detik.

2. Leg Flutters

Gerakan kedua adalah Leg Flutters. Mulailah dengan berbaring lurus di matras. Kedua tangan tetap berada di samping tubuh dengan telapak menghadap ke bawah.

Kemudian, angkat kaki kiri dan kanan secara bergantian dengan cepat. Pastikan kaki tetap lurus dan tidak sampai menyentuh tanah. Kepala juga tetap diangkat. Posisi ini akan membuat otot perut lebih kencang.

Semakin jauh jarak kedua kaki digerakkan, efeknya akan semakin baik untuk perut. Lakukan latihan ini selama 45 detik.

3. Crucifix

Gerakan ketiga adalah Crucifix. Berbeda dengan gerakan pertama dan kedua, Crucifix akan membuat kamu bergerak lebih aktif.

Langkah pertama, berbaringlah di matras dengan posisi lurus. Rentangkan kedua tangan lurus ke kiri dan kanan membentuk siku dengan tubuh. 

Mulai gerakan dengan menekukkan kaki. Secara bersamaan, sentuh kedua tumit dengan kedua tangan. Lalu, rentangkan tangan kembali dan luruskan kaki. Lakukan gerakan ini secara berulang selama 45 detik.

Saat melakukan Crucifix, posisi kepala tetap diangkat dan tidak menyentuh lantai. Cara ini dapat membuat otot perut makin mudah terbentuk.

4. Side Plank Raises

Gerakan keempat adalah Side Plank Raises. Mulailah dengan berbaring menyamping. Kaki lurus. Satu kaki menumpuk pada kaki yang lain.

Lalu, angkat pinggang dengan posisi menyamping menggunakan siku tangan yang menyentuh lantai sebagai tumpuan. 

Saat melakukan gerakan ini, usahakan tubuh tetap lurus hingga ke mata kaki. Sebisa mungkin, pinggang tidak menyentuh lantai.

Lakukan Side Plank Raises selama 45 detik. Jangan lupa, lakukan gerakan ini secara bergantian dengan menggunakan kedua sisi tubuh, ya.

5. Plank Alternating Toe Taps

Gerakan kelima adalah Plank Alternating Toe Taps. Mulailah dengan mengambil posisi plank. Siku dan tangan menjadi tumpuan tubuh. Angkat tubuh hingga ujung jari kaki dengan posisi lurus.

Kemudian, angkat kaki secara bergantian dan buang ke arah luar. Semakin lebar jaraknya, hasilnya akan semakin bagus untuk perut. Lakukan latihan ini secara cepat selama 45 detik. 

6. Switching Mountain Climbers

Gerakan keenam adalah Switching Mountain Climbers. Mulailah dengan mengambil posisi push up.

Kemudian, tekuk salah satu kaki ke arah perut hingga lutut membentuk siku. Lakukan gerakan ini secara bergantian pada kaki kiri dan kanan dengan intensitas cepat.

Jika merasa lelah, lakukan gerakan secara perlahan. Namun, jangan sampai berhenti. Kamu bisa melakukan gerakan Switching Mountain Climbers selama 45 detik.

7. In and Outs

Gerakan ketujuh adalah In and Outs. Ini merupakan salah satu gerakan membentuk perut sixpack yang efektif dan tidak terlalu sulit.

Mulailah dengan mengambil posisi push up. Kemudian, angkat kedua kaki seperti melompat ke arah dalam. Balas dengan lompatan ke arah luar. Saat melompat, kaki menekuk dan lurus secara cepat.

Lakukan gerakan ini berulang-ulang hingga 45 detik. Semakin cepat gerakan yang kamu lakukan, akan semakin bagus hasilnya pada perut.

Inilah sejumlah gerakan yang bisa kamu lakukan untuk membuat otot perut menjadi lebih kencang. Selain itu, ada beberapa tips yang juga dapat kamu terapkan untuk memaksimalkan hasil latihan. 

  • Jadikan latihan ini sebagai rutinitas di pagi hari. Disiplin melakukan gerakan setiap hari akan membuat hasil latihan menjadi optimal.
  • Pada awal latihan, gerakan-gerakan ini akan terasa berat dan melelahkan. Kamu bisa melakukannya secara lambat, tetapi jangan berhenti.
  • Jika telah terbiasa, kamu bisa melakukan tiap gerakan hingga 2-3 putaran dengan mudah. Karena itu, konsistensi adalah kunci utama untuk berhasil mencapai tujuan.
  • Lakukan setiap gerakan dengan cara yang benar agar efeknya bagi otot perut bisa lebih efektif.
  • Gerakan yang intens dan bersungguh-sungguh juga akan membuat hasil latihan makin optimal.

Jadi, inilah gerakan membentuk perut sixpack yang bisa kamu lakukan setiap hari. Tidak sulit untuk menerapkannya, bukan? Selamat mencoba!

Baca juga: Mudah Kok, Begini Cara Jaga Pola Makan Agar Perut Sixpack

You may also like

Leave a Comment